Senin, 14 Januari 2013

2. Unsur-unsur Sistem komputer


2. Unsur-unsur Sistem komputer



Unsur-unsur Sistem komputer

A. Hardware
Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Macam-macam Perangkat keras :
1. CPU (Central Processing Unit)
CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2. Monitor
Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.




3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.


4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.


5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

6. CD ROM
CD ROM Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik

7. Compact Disk (CD)
CD merupakan Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

9. Harddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.





B. Software
1. Perangkat Lunak sistem:
Juga disebut sebagai sistem operasi, itu adalah perangkat lunak yang digunakan oleh komputer untuk mengkonversi dan menerjemahkan input dari sumber yang berbeda ke dalam bahasa mesin. Ini adalah tugas OS untuk mengatur komponen perangkat keras komputer. Itu juga merupakan perangkat lunak Sistem menawarkan perisai perlindungan untuk semua aplikasi perangkat lunak lainnya. Dengan OS, dukungan juga diberikan kepada komponen fisik dari komputer. Banyak Os ada di pasar. Sistem operasi jendela adalah salah satu yang telah membuat banyak gelombang dalam sistem industri perangkat lunak. Sistem operasi lain juga berlimpah. Di antaranya adalah UNIX, yang digunakan untuk kantor besar setup dengan jaringan yang kuat. Kami juga memiliki HP-UX dan AIX, digunakan oleh komputer HP. Apache OS juga populer terutama dengan web server.
2. Perangkat lunak aplikasi:
Perangkat lunak aplikasi yang paling umum dikenal dan digunakan jenis perangkat lunak komputer. Perangkat lunak aplikasi mencakup hampir semua hari-hari kegiatan yang dilakukan dengan komputer. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi adalah Microsoft office suite yang meliputi Word, Excel, penerbit dan PowerPoint. Banyak orang secara ekstensif menggunakan aplikasi tersebut. Internet explorer, Netscape dan Mozilla Firefox, orang memperoleh akses untuk mengakses internet. Mengekspresikan pandangan adalah perangkat lunak yang digunakan untuk pengelolaan email. Salah satu ciri dari perangkat lunak aplikasi adalah antarmuka pengguna.
3. Lunak bahasa pemrograman:
Jenis perangkat lunak komputer yang secara eksklusif digunakan oleh pemrogram komputer. Sebuah bahasa pemrograman adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk membuat perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi. Peralatan dasar yang digunakan oleh perangkat lunak pemrograman Compiler, interpreter, linker dan teks editor. Contoh perangkat lunak jenis ini adalah C + +, Simlab dan Jawa. Java adalah bahasa pemrograman untuk aplikasi internet. Kebanyakan program profesional pengembang menggunakan bahasa C + +. Program ini juga dapat digunakan dalam mengembangkan sistem operasi. PHP adalah bahasa lain digunakan untuk aplikasi internet. Sebuah kelas baru bahasa sekarang ada untuk perangkat mobile. Ini adalah ringan bahasa yang digunakan untuk merancang aplikasi mobile.

Semua Perangkat lunak komputer bekerja dengan bahasa pemrograman. Proses berjalan seperti reaksi berantai. Rantai ini dimulai dengan mentransfer perintah. Lunak komputer membangkitkan kode Machine yang berakhir seluruh proses.

C. Data
Penyimpan Data (Storage Media)
Digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan, Secara umum media penyimpan atau memori dapat dibagi menjadi dua;
1.Random Access Memory (RAM) Adalah media penyimpan yang bersifat non-permanen, data dan proses yang sedang dikerjakan akan disimpan ke dalam RAM selama komputer aktif (hidup), setelah komputer dimatikan (daya listrik dicabut), data dan proses akan terhapus. Kapasitas RAM harus mampu mengimbangi kinerja prosesor, bila kapasitas RAM kecil sedangkan proses yang dikerjakan banyak, maka RAM akan cepat penuh, prosesor akan berhenti bekerja dan tidak dapat melakukan proses apa pun, keadaan ini biasa dikenal dengan istilah hang. Terdapat macam-macam jenis RAM, di antaranya EDO RAM, SDRAM, DDR-SDRAM dan RD-RAM. 

2.Read-Only Memory (ROM) Pada awalnya, istilah ROM hanya digunakan untuk media yang dapat menyimpan data secara permanen dan tidak dapat diubahubah lagi, contohnya adalah EE-PROM yang tersimpan pada sirkuit CMOS pada rangkaian motherboard di dalam CPU dan bertugas menyimpan instruksi input-output dasar yang dikenal sebagai BIOS. Dalam perkembangannya,istilah ROM digunakan untuk setiap media yang dapat menyimpandata secara permanen pada saat tidak menyimpan daya listrik. Pada pengertian yang kedua ini, ROM dibagi menjadi dua,yaitu
a. Removable-Disk
Merupakan media penyimpan yang tidak mempengaruhi kerja sistem secara langsung, artinya, pada saat media ini dipasang maupun dilepas secara langsung (plug ‘n play) saat komputer menyala, tidak menyebabkan kerusakan pada sistem komputer secara keseluruhan, contoh; floppydisk (disket), CD-ROM, DVD, USB Flash-disk, MMC dll
b. CU (Control Unit)
Merupakan unit pengendalian atas suatu proses yang sedang dikerjakan. Merk yang beredar di pasaran bermacam-macam, antara lain: Intel,Motorola, AMD, Transmeta dll. Kecepatan kinerja prosesor dinyatakan dalam satuan Hertz, yang menunjukkan banyaknya proses yang mampu dikerjakan oleh proses dalam satu detik.Secara sederhana, bila terdapat sebuah prosesor AMD Athlon 2 GHz, maka prosesor tersebut mampu mengerjakan 2 x 109 proses dalam satu detik.

D. User
 User account adalah nama user (pengguna) yang digunakan saat pertama kali login ke dalam windows. Pada windows, secara garis besar user account dibedakan menjadi dua macam yaitu administrator dan standard. Administrator adalah user yang berfungsi untuk mengatur system windows berjalan. Sedangkan standard account hanya bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari tanpa bisa akses penuh ke dalam system. Sederhananya, administrator adalah pemimpin dan standard user sebagai anak buah (yang dipimpin). Cara menambah user account di windows 7 adalah sebagai berikut :
Klik start menu.
Pada bagian kolom search, ketikkan user, kemudian lanjutkan dengan klik menu User Account.
Jangan lupa tentukan level akses dari user yang anda buat. Ada dua pilihan tingkat user yang bisa dipilih yaitu Standard user dan Administrator.
Terakhir, klik Create Account.
Selesai sudah, account baru sudah dibuat. Sekarang, anda bisa memilih user mana yang akan digunakan pada saat logon windows. Selain itu, anda juga beralih dari user yang satu ke user yang lain dengan cara klik tombol Start, lanjutkan klik anak panah kecil di sebelah tombol Shut down, kemudian klik Switch User.
Pada dasarnya, saat anda pertama kali menginstall windows 7, ada dua user yang tercipta secara otomatis yaitu Administrator dan Guest. Tetapi, secara default juga, user Guest belum aktif alias tidak dapat digunakan. Anda bisa mengaktifkannya secara manual dengan cara :
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, masuk pada user account windows dan klik Manage another account.
Di situ ada user Guest yang bertuliskan Guest account is off. Klik tombol Guest. Terakhir, klik tombol Turn OnUser Guest ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang mempunyai komputer yang dipakai orang banyak agar tidak menggunakan user administrator pada komputer tersebut. Dengan begitu, orang lain tidak bisa seenaknya menggunakan komputrer dan merubah setting karena pembatasan hak akses pada user Guest.
Tidak lengkap rasanya kalau kami hanya memberi tutorial membuat user account dan mengaktifkan user Guest tanpa memberikan tutorial bagaimana menghapus user account pada windows. Ikuti cara menghapus user account di bawah ini :
Seperti pada langkah pertama, masuk ke dalam user account widows.
Klik Manage another account.
Klik user yang akan di hapus.
Klik link Delete Account.Delete Files untuk menghapus semua file atau klik Keep Files jika tetap ingin menyimpan data dari account yang akan dihapus.
Konfirmasi kalau anda ingin benar-benar menghapus file dari user account tersebut.
Satu user account sudah terhapus. Jika ingin menambahkan user lagi bisa anda gunakan langkah sebelumnya.
Catatan terakhir, tetaplah berhati-hati saat menggunakan user administrator. Jangan sampai data penting anda terhapus karena tidak berhat-hati saat menggunakannya.

1 komentar: